Selasa, 09 Juli 2019

Gunung di Jawa yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Selasa, Juli 09, 2019 | | Berkomentar
Gunung Gede, Jawa Barat

Indonesia memiliki ratusan gunung dengan view yang spektakuler. Ingin mendakinya, namun belum siap menghadapi medan yang telalu berat? Tiga gunung di Jawa berikut bisa jadi solusi tepat untuk para pendaki amatir.

Gunung Gede – Jawa Barat

Selain aksesnya mudah, Gunung Gede juga memiliki pesona alam yang indah. Jika kamu memulai perjalanan dari jalur Cibodas, maka kamu akan dibuai dengan cantiknya hutan hujan yang tidak terlalu rapat, mata air panas, sungai-sungai kecil, dan air terjun yang memukau. 

Namun jika memilih start dari Jalur Gunung Putri, maka kamu dapar menikmati damainya perjalanan di tengah hutan rimba yang cenderung lembap dan juga basah. Di puncaknya, akan ada kawah megah yang menebar aroma belerang tajam. 

Tak jauh dari situ, sedikit turun ke lapangan bawah, kamu akan dibuat kagum oleh luas dan cantiknya Alun-Alun Surya Kencana yang penuh dengan bunga Edelweiss dan kabut-kabut tipis sepanjang hari.

Gunung Prau – Jawa Tengah

Terletak di kawasan Dieng, gunung rendah dan mudah didaki ini punya pemkamungan yang spektakuler. Jika sedang cerah, kamu akan bisa melihat lima gunung sekaligus dari area camping ground, yaitu Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan Lawu. Sunrise dan sunset yang bisa dinikmati dari area kemping pun terkenal begitu memesona.

Gunung Ijen – Jawa Timur

Gunung yang terletak berdampingan dengan Gunung Merapi ini terkenal dengan kawah besar di puncaknya. Terakhir meletus di tahun 1999, gunung Ijen terbilang masih aktif karena produksi belerangnya belum berhenti. Untuk mencapainya, kamu bisa mengambil dua jalur, yaitu via Banyuwangi atau Bondowoso.

Jika sudah di sana, ada baiknya kamu terus mendaki sampai bertemu dengan Kawah Ijen. Danau kawah ini merupakan danau dengan air sangat asam terbesar di dunia yang memiliki kedalaman hingga 200 meter dan luas sampai 5.466 hektar.

Tak hanya itu, tiap dini hari, sekitar pukul 02.00 – 04.00, kamu akan bisa menjumpai fenomena alam blue fire atau api biru yang hanya terjadi di dua tempat di dunia. Di Ijen, dan di Islandia.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar