Senin, 07 Oktober 2019

Tips Jitu Mengatur Modal Usaha dalam Sebuah Bisnis

Senin, Oktober 07, 2019 | , , | Berkomentar
Modal Usaha

Dalam menjalankan bisnis tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sedangkan likuiditas sendiri termasuk pilar lain yang mampu membuat sebuah bisnis berjalan dengan lancar. Likuiditas tersebut dapat dicapai melalui pengelolaan modal usaha dengan kerja yang efisien.

Bisnis membutuhkan sejumlah uang tunai supaya dapat menutupi biaya dan hutang dengan jangka yang pendek. Anda juga perlu belajar cara untuk menghindari kegagalan atau kebangkrutan dari usaha yang sedang dijalankan. Berikut ini beberapa cara mengatur modal usaha dalam sebuah bisnis.

Mengetahui Risiko Modal Kerja Saat Ini

Untuk memastikan sebuah pertumbuhan dan perkembangan bisnis, Anda perlu mengelola modal kerja yang sudah ada. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik usaha tersebut. 

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui risiko modal kerja yang ada sebelum menetapkan jalur untuk tumbuh serta mengembangkan usaha. Bagi menjadi beberapa aset, seperti uang tunai, persediaan dan piutang sesuai kewajiban lancar.

Mengelola Faktur

Untuk dapat memastikan pengelolaan modal kerja yang tepat, cara terbaiknya dengan mengirimkan faktur dan tagihan segera. Hal ini akan dianggap sebagai piutang usaha dan mampu meningkatkan modal kerja. 

Penting juga untuk membentuk proses kredit dan praktik yang baik dengan klien. Memberikan masa pembayaran yang lebih sedikit, misalkan biasanya masa pembayaran selama 30 hari, maka minta pembayaran dalam waktu 15 hari.

Mengelola Persediaan

Saat terlalu banyak persediaan, maka dapat mengikat banyak uang tunai dan meningkatkan biaya penyimpanan. Tapi persediaan terlalu sedikit dapat mengakibatkan potensi penjualan menjadi hilang. 

Oleh karena itu dalam situasi tersebut, Anda dapat melakukan solusi dengan meramalkan tuntutan pembelian sesuai sejarah penjualan. Terutama yang memungkinkan untuk Anda mempertahankan persediaan yang cukup. Selain itu akan ada cukup banyak alat yang dapat membantu usaha Anda dalam meningkatkan akurasi peramalan.

Membuat Rencana Kontingensi

Mungkin saat ini bisnis Anda mampu menciptakan keuntungan yang cukup besar. Tapi Anda sebagai pengusaha juga tetap harus menyiapkan rencana kontingensi supaya dapat menghadapi kejadian-kejadian yang tidak terduga. Salah satunya mencoba untuk memikirkan risiko yang mungkin terjadi, terutama dari praktik bisnis yang sedang dijalankan saat ini. 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar