Selasa, 16 Juni 2020

3 Poin Penting yang Sebaiknya Anda Terapkan Saat Memilih Masker Kain

Selasa, Juni 16, 2020 | , , | Berkomentar
3 Poin Penting yang Sebaiknya Anda Terapkan Saat Memilih Masker Kain

Sampai hari ini angka kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Meski “New Normal” di beberapa daerah sudah berjalan, penerapan protokol kesehatan masih menjadi keharusan. Mulai dari rajin mencuci tangan dengan sabun, pemakaian hand sanitizer, menjaga jarak, hingga pemakaian masker sangatlah dianjurkan. Masker yang digunakan tidak harus masker medis, sehingga masker kain juga bisa menjadi pilihan.

Dibutuhkan kesadaran dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini. Berperang dengan virus membuat kita semua harus selalu waspada akan bahaya musuh yang tak terlihat tersebut. Jadi, seyogyanya kita memakai masker karena kesadaran akan saling menjaga satu sama lain. Jangan sampai kita memakai masker hanya karena takut akan mendapat sanksi jika tidak menerapkan protokol kesehatan.

Memilih masker yang tepat

Berbicara mengenai masker, masker non-medis yang disarankan untuk dipakai adalah masker kain. Lantas seperti apa masker berbahan kain yang bisa membantu mencegah penularan virus? Agar tidak salah memilih masker, berikut tips yang bisa Anda terapkan.

1. Ukurannya pas

Pada umumnya fungsi masker ini untuk melindungi diri agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam mulut atau hidung. Dalam hal pencegahan virus, masker berperan agar droplet dari virus tidak masuk melalui mulut dan hidung. Supaya masker yang digunakan bisa memberikan perlindungan maksimal, maka penting bagi Anda untuk memilih masker yang ukurannya pas dengan bentuk wajah.

Pilihlah masker yang bisa menutupi bagian pipi, mulut dan hidung. Baik memilih masker medis maupun non-medis, poin ini tidak boleh diabaikan.

2. Bertali atau memiliki karet

Agar masker kain bisa digunakan dengan benar, maka sebaiknya masker dilengkapi dengan tali pengikat atau karet. Adanya tali atau karet ini membuat masker terpakai dengan erat dan pas dengan bentuk wajah Anda. Kedua jenis masker ini banyak dijual di pasaran, Anda bisa memilih masker sesuai kenyamanan.

3. Bagian dalam / luar

Masker non-medis memiliki dua warna dan mudah dibedakan manakah bagian dalam dan luarnya. Sementara umumnya masker berbahan kain ini hanya satu warna sehingga Anda harus tahu betul bagaimana cara membedakan bagian dalam dan bagian luar masker tersebut. 

Di pasaran, Anda akan menemukan masker berbahan kain yang bagian dalam dan luar maskernya memiliki lipatan jahitan. Nah, untuk menentukan bagian dalam dan luar masker ini, Anda bisa melihat dari arah lipatan jahitan tersebut. Jika arah lipatan ke atas, maka itulah bagian dalam masker. Sedangkan jika arah lipatannya ke bawah, maka itu adalah bagian luar masker.

Demikianlah 3 poin penting yang sebaiknya Anda terapkan dalam memilih masker berbahan kain. Mengingat saat ini sudah diberlakukan “New Normal”, mungkin sebagian dari Anda sudah mulai bekerja di kantor dan banyak beraktivitas di luar rumah. Agar penampilan tetap fashionable meski harus memakai masker sepanjang hari, tidak ada salahnya Anda memilih masker fullprint yang bisa Anda dapatkan secara custom. 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar